Geopark (Taman Bumi) merupakan suatu suatu konsep manajmen pengembangan kawasan secara berkelanjutan, memadu-serasikan tiga keragaman alam yaitu keragaman geologi (geodiversity), keragaman hayati (biodeversity), dan keragaman budaya (cultural diversity), dengan tujuan untuk pembangunan serta pengembangan ekonomi kerakyatan bebasis pada asas perlindungan (konservasi) terhadap ketiga keragaman tersebut[1].

 

Geopark Merangin telah berumur 250 – 290 juta tahun (Zaman Perem akhir). Taman botani purba terdapat di sungai Mengkarang Merangin, dahulunya merupakan daratan berhutan tropis. Hal ini dibuktikan oleh kehadiran tumbuhan berupa batang pohon yang sudah membatu dan fosil daun Macralethopteris sp., Cordaites sp., Calamites sp., Pecopteris sp., Lepidodendron, dll. Fosil batang pohon Araucaryoxillon yang terawetkan masih berada pada posisi tubuh (in-situ). Situs geologi ini merupakan yang terbaik di Asia[2].

 

 

 

 

Merangin merupakan kebupaten dalam provinisi Jambi, secara goegrafis terletak di antara koordinat 0045 LU – 2o45 LS dan 101010 – 104055 BT[3]. Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Kerinci, sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Surolangun, sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Bungo, dan sebelah Selatan berbatasan dengan Provinsi Bengkulu.

 

Kabupaten Merangin yang beribukota di Bangko terbagi dalam 24 Kecamatan, 200 Desa dan 10 Kelurahan, Diantaranya Kecamatan Bangko, Kecamatan Tabir, Kecamatan Jangkat, Kecamatan Sungai Manau, Kecamatan Muara Siau, Kecamatan Pamenang, Kecamatan Tabir Ulu, Kecamatan Tabir Selatan, Kecamatan Lembah Masurai, Kecamatan Bangko Barat, Kecamatan Nalo Tantan, Kecamatan Batang Masumai, Kecamatan Kecamatan Pamenang Barat, Kecamatan Tabir Ilir, Kecamatan Tabir Timur, Kecamatan Renah Pembarap, Kecamatan Pangkalan Jambu, Kecamatan Sungai Tenang, Kecamatan Renah Pemenang, Kecamatan Pemenang Selatan, Kecamatan Margo Tabir, Kecamatan Tabir Lintas, Kecamatan Tabir Barat, dan Tiang Pumpung.

 

Komoditi unggulan Kabupaten Merangin yaitu sektor pertanian dan jasa. Sektor pertanian komoditi unggulannya adalah sub sektor tanaman perkebunan dengan komoditi Kelapa Sawit, Kakao, Karet, Kopi, kelapa, Lada dan Nilam. Sub sektor Jasa Pariwisatanya yaitu wisata alam dan budaya.

 

 

[1] Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Buku Saku menggapai Geopark Merangin Jambi, Bandung, Badan Geologi, 2011; 12.

[2] Ibid, hl. 25.

[3] Ibid, hl. 22.