Kebijakan sekolah sehari penuh oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Muhajir Efendi perlu dikaji secara mendalam karena sekolah bukan merupakan satu-satunya proses pendidikan untuk mencerdaskan para peserta didik, akan tetapi proses interaksi peserta didik dengan lingkungan dan sosial merupakan bagian dari proses pendidikan. Full Days School hanya dapat diterapkan pada sekolah tertentu, umpamanya sekolah yang mengasramakan peserta didik (Boarding School), hal ini mungkin dapat diterapkan. Pada sekolah yang peserta didik yang bertempat tinggal tidak diasramakan akan mengalami kesulitan, apalagi mereka pulang pukul 17.00 akan sampai di rumah satu jam berikut. Lelah dan capek suatu kepastian, sementara mereka harus mengulangi belajar di rumah serta mempersiapkan diri untuk belajar besok pagi. Di samping itu, mereka harus jua berinteraksi dengan orang tua dan keluarganya di rumah. Beban psikologis sudah tidak terelakkan. Maka saya berpendapat Full days School tidak dapat diterapkan pada semua sekolah.