Kata kinerja (performance) merupakan kata yang sudah umum dipakai oleh kalangan akademisi akan tetapi kata ini sulit dimaknai karena memiliki perspektif berbeda. Sebagian orang memahami kata performace dalam bidang teater yang memiliki konotasi kepada penampilan di atas panggung daripada substansi kata kinerja itu sendiri. Sebagian juga memaknai performance itu capaian perilaku seseorang, bahkan performance disamakan dengan kompetensi dan prestasi. Namun demikian, kinerja merupakan istilah yang tepat untuk menunjukkan hasil atau capaian yang dapat diukur, melaksanakan sesuatu yang diperintahkan atau harus dilakukan, termasuk pencapaian kerja.

Nickolas (1977) mendefinisikan kinerja merupakan hasil dari perilaku. Sedangkan perilaku adalah aktivitas individual di mana hasil perilaku menunjukkan di mana perilaku ,lingkungan individu merupakan sesuatu yang berbeda sebagai hasil dari perilakunya. Hasil, pencapaian tersebut dinilai oleh sistem atau pretasi.

Dalam literatur yang saya baca, istilah performance banyak bahasa lainnya yang tidak memiliki kata pengganti yang tepat untuk istilah performance. Oleh karena itu Gilbert (2007) mengemukakan bahwa performance merupakan prestasi yang dihargai yang berasal dari perilaku yang berharga.

Sumber

Januszewski, Alan & Michael Molenda, Educational Technology A Definition with Commentary. New York: Lawrence Elbaum Associates, 2008.